Selasa, 10 Desember 2013

[Tips] Posting di Blog

Pernah baca postingan blog lain, yang baru liat judul dan satu paragraf awalnya, tapi langsung kalian close? Gue sendiri sih, pernah dan SERING. Alasannya? macem-macemlah... ntar tak tulis satu-satu di dalem postingan ini. 


Reaksi gue ngeliat postingan yang kurang menarik

Jadi intinya cuma mau sekadar berbagi sedikit tips, cara posting di blog semenarik mungkin. Salah satu postingan gue sendiri disini yang sukses tentang guide Yu-Gi-Oh! yang dibuat sendiri. Dua postingan itu nyumbang hampir seratus ribu dari jumlah viewer blog ini, dan sekitar dua ratus per harinya. Ya, itu mungkin karena kelengkapan info dan orisinalitas, jadi di search oleh oom gugel langsung ke blog ini.

Sip, segitu dulu, terima kasih udah... Lho kok protes??

Haha Lengkapnya baca aja deh, btw, ini postingan umur draftnya udah 1 tahun haha :v


Pertama-tama ada hal penting yang perlu kalian ketahui disini. Kalian posting buat apa? Untuk menambah jumlah viewer lewat search engine kah? Hanya untuk catatan pribadi tentang pengalaman? atau untuk kepentingan yang formal? Oke, kali ini gue ga bakal bahas yang untuk kepentingan formal atau biar banyak di search, karena tips yang gue share disini hanya efektif untuk postingan informal. Tetapi kalau tidak terlalu formal, kenapa tidak?

Dimulai dari alasan dari pertanyaan gue di awal postingan ini, mengapa ada orang yang langsung nge-close beberapa postingan tertentu? Beberapa dari alasannya:
1. Postingan isinya tidak kreatif. Langsung instan kopas
2. Format tulisan tidak rapi sehingga tidak enak dibaca
3. Monoton

Yak, kopas sih boleh, tapi kasih sumberlah setidaknya


Kenapa cuma tiga itu yang disebut? karena ketiga-tiga alasan itulah yang bisa diatasi oleh tips yang akan di share ini :v

1. Gunakan Gambar Pada Postingan
Yah, ini mungkin sudah ada yang tau. Gambar itu penting, selain memperjelas dan menggambarkan postingan kita sendiri, dengan gambar, postingan akan lebih berwarna. Gue pribadi baru udah biasa memasukkan setidaknya satu gambar ke tiap postingan, entah itu berhubungan langsung, ataupun tidak. Dengan gambar, akan mengurangi tingkat kemonotonan postingan kita, dan menarik minat pembaca.


2. Semi-Kopas atau Sumber
Ini buat kita yang menggunakan metode copy paste untuk beberapa bagian dalam postingan kita atau bahkan keseluruhan postingan. Maksudnya semi-kopas, ya kita edit dulu dengan menggunakan bahasa sendiri. Atau kalau males, ya sertain sumber yang jelas. Pengalaman gue, misal search untuk kepentingan akademik, yang keluar isi postingannya kebanyakan SAMA PERSIS. Tanpa sumber lagi. 

 Hindari isi atau potingan yang bersifat "instan"


3. Format postingan
Jangan asal posting, tapi preview dulu dengan mengunjungi sendiri postingan tersebut dan lihat hasilnya. Terkadang apa yang kita tulis tidak sesuai dengan kenyataan, gue sering kok pas posting disini terus harus bolak-balik ngedit. Oke yang ini klasik, mungkin ga perlu dikasih tau ya.

Ngebaca postingan yang belum disortir seperti paragrafnya nyatu itu menyebalkan

4. Penggunaan bahasa
Ya, yang ini disesuaikan. Kalau target viewer kalian cuma teman-teman sekitar kalian, ya gunain bahasa daerah juga gpp. Nah kalau target viewer kalian ga cuma teman-teman sekitar, ya gunain bahasa yang umum digunain. Tapi ya harus konsisten. Kalau pake "gue" ya terus dalem satu postingan itu pake "gue" terus. Selain itu,  usahain bahasa yang digunakan nyaman untuk dibaca, jangan terlalu sarkastik atau semacamnya

Oke, segitu dulu, terima kasih udah baca :v

1 komentar :

Unknown mengatakan...

Terimakasih infonya, sangat menarik https://bit.ly/2Q5UxL2

Posting Komentar