Sabtu, 25 September 2010

Pertamax!

Ok, sebelumnya maaf ya blog tidak diupdate, soalnya harus vakum tiap 5 hari nih --a

hmm... mungkin beberapa Kaskuser, pengguna forum, dan blogger ini sendiri sudah tahu istilah terkenal di Indonesia ini, ialah tidak lain dan tidak bukan PERTAMAX!

Merasa belum pernah melihatnya? ini dah dikasih contoh...
misal :
A membuat sebuah "thread" atau "note" ( dalam fb ) atau bisa juga postingan blog...
tiba-tiba muncul B komen / reply dengan hanya kata "pertamax!"
lalu C komen juga dengan kata "keduaX!"
D komen dengan kata "KetigaX!"
E datang lagi dengan kata "duh, telat pertamax pejwan gpp dah..."

Ngerti kan apa itu pertamax secara simpel ?

Apakah kalian sendiri sering melakukan pertamax ? ( yup, yang saya bahas disini bukan pertamaks / pertamax buat bensin, tapi pertamax dalam bahasa internet... ) tapi, saya yakin sebagian besar diantara kalian sudah melakukan pertamax atau minimal melihat orang "mencetak" pertamax. Tapi, tahukah anda asal-usul dari pertamax? Yah, walau repost, tapi saya harap saya dapat memuaskan anda dengan sedikit ulasan saya tentang pertamax... lanjutgan!

Sebenarnya, istilah "pertamax" pertamax kali dipakai di suatu blog yaitu KafeMotor dan "direncanakan" untuk mempopulerkan istilah tersebut oleh pemilik blog tersebut. Tapi sayang, maksud hati ingin memeluk gunung tapi apa daya tangan buntung, menyedihkannya, blog itu saat masa tersebut sepi pengunjung sehingga kata pertamax hanya dikenal oleh segelintir orang saja, yaitu ±10 orsng saja.

Akhirnya, istilah pertamax dipopulerkan kembali oleh salah satu Kaskuser di Komunitas Indonesia Terbesar, yaitu kaskus, yang kini telah mencapai jumlah anggota 2,1 juta ++ dengan postingan lebih dari 228 juta. Jadi, boleh dibilang kaskuslah yang membuat kata pertamax menjadi populer. Populernya ini terbukti dengan seluruh Indonesia dan bahkan beberapa dari belahan dunia lain memakai kata pertamax.

Apa itu pertamax ? Sepertinya anda telah tau dari contoh yang saya berikan sebelumnya... ya! pertamax digunakan biasanya saat komentator mencetak komen / posting pertama setelah thread starter dan biasanya ia menyertakan istilah pertamax atau sejenisnya ke dalam postingannya ( sejenisnya : First Blood, First, First-X ) Satu lagi, tidak jarang juga apabila dalam forum, komentator juga menyertakan gambar pertamax yang unik-unik dan lucu-lucu :D.


Selama ini, postingan pertamax ganda sudah sering terjadi, maksudnya postingan antara satu orang dengan orang lainnya hanya terpaut beberapa detik. Kebanyakan orang yang mengincar pertamax memakai "mantra" seperti posting hanya afiafiaefhjaeifaef ( alias spam , flood lalu di edit nantinya ). orang yang berhasil pertamax biasanya menyertakan gambar pertamax seperti ini

Atau orang yang gagal pertamaX biasanya juga menyertakan gambar pejwan atau gagal pertamax.

Tidak sedikit juga pengguna yang anti-pertamax sehingga mereka mencegah pertamax dengan cara komen / posting sendiri pada thread mereka sendiri. ( Mungkin anda akan merasakannya kalau anda telah mencoba membuat thread dan hanya diisikan oleh kata-kata pertamax )


Oh ya, pertamax sendiri diambil dari tema blog itu, yang mengangkat tema otomotif, sehingga pemilik blog menandai komentator pertama dengan istilah "pertamax" ( oli gan ). Dan setelah populer, istilah pertamax terkenal di seluruh blogger dan merambat ke situs forum dan jejaring sosial.

pertamax juga bisa dapat diartikan dengan pertama-x = pertama x = pertama kali yang artinya sama dengan pertamax. <<< ini kerjaan remaja Indo pada saat 2005-an loh :P.

Trus, apa arti KeduaX, KetigaX, dst dan pejwan ? nah, untuk yang ini kata Keduax, KetigaX dst dipakai apabila orang itu gagal mencetak pertamax, sehingga mereka hanya diurutan kedua / ketiga / dst setelah thread starter mem-posting threadnya

Trus, arti kata Pejwan? Pejwan = PageOne ( biasalah, bahasa alaynya :P ) maksudnya, komen kita tersebut masih masuk dalam halaman pertama suatu thread  / komen box jadi komentor biasanya menyertakan istilah PageOne dan beberapa juga memasukkan postingan gambar gagal pertamax. 




Ok, nampaknya hanya itu info dari saya, jadi apakah anda ingin mencetak pertamax ? kalau ya, silakan menjadi komentator pertama saya dalam blog ini :P ( tentu saja sertakan pendapat anda, kalau hanya isi pertamax saya hapus loh... )

sumber : wikipedia, kaskus, karangan sendiri :P

4 komentar :

pawz mengatakan...

PertamaX gan :D

itu dy bro.. kalo soal pertamaX, keduax, ketigax gw udah paham.. eh pas denger pajewan gw b ingung, sampe nyari2 ke google wkwkwkwk...

Anonim mengatakan...

yah, bukan anak kaskus sih

Unknown mengatakan...

hahaahha
emang anomin anak kaskus ya ?
bukan anak ayah dan bunda :P

Unknown mengatakan...

hahaha, pokok e aku PEJWAN. rapopo ~~

Posting Komentar