Jumat, 01 Juni 2012

Teknologi untuk Berbagi

Kembali lagi bersama saya... setelah sekian lama tidak posting. Yah, cuma mau sharing nih, di sekolah ane kan sangat sering siswanya bawak-bawak laptop. Yah, terlihat dari saking niatnya mereka-mereka ( termasuk saya sendiri sih :v ) membawa charger, mouse, atau bahkan modem. Tapi jangan salah dulu... kegiatan kita-kita bawak laptop ini tidak sembarangan, bukan cuman gaming sampe keyboard dan mousenya pecah belah...


Untung ngga bawa CPU juga~

Bukan hanya laptop, Wi-Fi, proyektor pun tersedia dengan lengkap, siap dipakai oleh kami sebagai warga sekolahnya. Oke, lanjut baca -->

Tentu saja yang namanya teknologi itu pasti membuat pekerjaan menjadi lebih praktis. Di sekolah kami berbagai teknologi itupun dimanfaatkan dengan baik tentunya. Hmm saya mau coba share cara kami siswa SMA Plus Negeri 17 Palembang berbagi dengan teknologi ini.

Pertama, ini hal yang paling umum dan lazim... Ya! Sebagai sumber informasi! Dengan laptop, tentu saja kita bisa membuka internet sebagai sumber, dan untungnya lagi, sekolah kami menyediakan titik-titik hotspot di seluruh area sekolah. Ada sekitar 6 atau lebih titik-titik hotspot di sekolah kami, memungkinkan hampir seluruh siswa dapat mengakses internet dari tempat manapun di sekolah.

Jadi, Misal kita kesulitan mencari referensi untuk karya tulis, gunakan internet! Atau mungkin kesulitan mencari informasi yang tidak bisa ditemukan di buku? Gunakan Internet! Anda lapar? Makan Internetnya! Intinya, segala hal menjadi lebih mudah dengan adanya Internet.



 Lokasi hotspot di sekolah, biasanya di tempat yang strategis

dan juga tidak lupa sebagai media pembelajaran!

Oh iya, internet via hotspot di sekolah kami tergolong ngebut juga loh ._.v. Apalagi di perpustakaan kami, wah bisa ngakses internet lancar jaya~ jadi, masalah download sudah sangat lazim bagi kami

 klo yang mkeknya sepi, bisa sampe 300kb loh


Kedua, sebagai media pembelajaran. Mungkin ini sudah umum, kita-kita bisa menggunakan laptop dan proyektor untuk memudahkan kita dalam belajar atau presentasi. Dalam pelajaran di sekolah kami, tidak langka lagi guru mengajarkan kami lewat proyektor, atau bahkan dipasang sound system kecil jika buka video. Dan juga sebagai media pembelajaran khusus salah satu ekstrakurikuler di sekolah saya, KGB, yang mengajarkan di bidang IT baik secara perangkat lunak, maupun perangkat keras.

Ketiga, ini mungkin hanya di sekolah kami... karena kalau kita-kita tidak punya laptop atau minimal komputer di rumah, akan "agak" sulit menuntaskan tugas suci yang satu ini... Sebagai media utama dalam menyelesaikan karya tulis! di sekolah saya sih, namanya BUGEMM ( Budaya Gemar Membaca dan Menulis ). Jangan salah, ini sifatnya wajib, jadi ketika program ini dimulai, apalagi sudah mendekati deadlinenya, bukanlah hal yang aneh jika setiap siswa membawa laptop, dan mengerjakan BUGEMMnya sendiri di waktu senggang. Bahkan, mereka rela mencari "power source" buat colokan laptopnya atau bawak sambungan paralel demi menyelesaikan yang satu ini.

 Siswa mengerjakan BUGEMM di waktu senggang saat sekolah

Terakhir, err... ini mungkin tidak kalah pentingnya... sebagai media hiburan! Di waktu kosong seperti saat istirahat siang, biasanya siswa ( termasuk saya ) keluarin laptop dan sekadar bermain. Tentu saja untuk menyegarkan lagi otak yang udah nyangkul 6 jam. Ada yang membuka facebook, twitter, yahoo muter lagu, atau sengaja bermain game dengan siswa lainnya seperti bermain catur. Walaupun kami terbilang "encer" tapi kami tetaplah seorang anak normal, kami tidak akan mau belajar terus-menerus!

 Laptop juga bisa sebagai media hib... eh bukan yang ini...

Laptop juga bisa sebagai media hiburan



Ehm, mungkin itu saja yang mau ane share... Bagaimana pemanfaatan TIK di sekolah agan-agan sekalian? Apakah seperti ini juga? :v Semoga postingan ini bermanfaat.

1 komentar :

Rachmad a.k.a Gorengan mengatakan...

ctrl + komen : wah asik bgt tuh
internet fasilitasnya dah maksimal diskolah ente ya..
kalo di skolah ane masih minim sob .. tapi pemanfaatannya dah semaksimal mungkin

Poskan Komentar