Jumat, 13 April 2012

Bita dan saudara-saudaranya

Long time no posting! Ada bahan yg cukup "menarik" juga nih :v dan akhirnya niat juga untuk posting di blog ini! Okee kita mulai dari cerita singkat dulu...

Pada suatu hari, temen saya nunjukin HD yang dia punya. "Nah ini HD aku, HD 250 GB, tapi ngapo cuman biso nampung 232 GB eh? padahal jelas-jelas 250 GB... ay nipu ini... ( sori pke bahasa palembang ._. )". Ini kejadian yang lazim yang kenyataannya tidak diketahui banyak orang awam, termasuk saya sendiri dulunya :P. Mulanya, saya berpikir: Ah, paling sengaja, biar untung gitu... jadinya di cut sekitar 8%nya..." Dan akhirnya setelah saya membaca dari artikel sebuah web saya ngerti juga.

Yah, cuman 232 GB

belikan tahu, eh, kasih tau dong gannnnnnnnnnn

Oke, karena hari ini saya lagi rajin, saya coba yah :v. Hal ini bukan hanya di HD, tapi juga di flash disk. Ukuran Flashdisk jelas tertulis 2 GB, namun kenyataanya hanya nampung 1,83-1,85 GB. mulai pusing? Yup, sekarang disini saya akan menjelaskan tentang Bita dan saudara-saudaranya! (Bita in English = Byte)

Oh, saudara tertuanya pasti si Terabyte! 

Salah! kebanyakan orang-orang yang berpikir Terabyte merupakan satuan terbesar dalam dunia komputer, tapi kenyataannya, 1 Terabyte itu masih jauh dengan seperseribu satuan terbesar sesungguhnya!

Loh, memang ada berapa saudara sih si Bita?

Nah, makanya simak saja artikel ini! checkitout!!

Bita itu adalah satuan untuk menyatakan informasi digital dalam bidang komputasi serta telekomunikasi, lazimnya kebanyakan dinyatakan dalam bentuk 8 bit ( 8 bit terdiri dari 8 bilangan biner, lihat Sistem Bilangan Biner ).

Trus siapa aja gan saudaranya?

Nah, disini saya akan coba jelasin satu-persatu keluarga besar si Bita ini!

1. Bit
Nah, ini dia saudara bungsu dari Keluarga Bita! Bit hanya terdiri dari satu angka berbasis 2 ( biner ). Bit merupakan unit terkecil yang digunakan dalam komputer.

Contoh penggunaan bit yaitu untuk mewakili 2 pernyataan, seperti gambar diatas, yaitu pernyataan "Yes" dan "No"
2. Bita ( Byte )
Bita, atau byte boleh dibilang salah satu yg "tereksis" mengingat paling sering digunakan bersamaan dengan 3 saudara diatasnya!. Byte setara dengan 8 bit, sehingga karena terdiri dari 8 buah bilangan biner, maka 1 byte dapat menyatakan informasi maksimum 256 pernyataan! 1 byte terdiri dari 1 karakter, 10 byte akan membentuk satu kata, dan 100 byte bisa membentuk 1 kalimat.

Kode Tabel ASCII disini merupakan contoh yang mudah dalam penggunaan Byte.

3. Kilobyte
Sering disingkat dengan KB. Kilobyte setara dengan 1024 Bytes atau lebih dari 8000 bit. Kilobyte sering digunakan pada pernyataan jumlah data, dan juga sering ditemukan pada data yang berbentuk notepad atau word document.

contoh 1 Kilobyte adalah paragraf yang sedang Anda baca, sedangkan 100 Kilobyte adalah 1 halaman penuh tulisan ( inget, hanya tulisannya ) yang ada di artikel ini.

4. Megabyte
Umumnya disingkat menjadi MB. 1024 Bytes akan setara dengan 1 Megabyte, dan lebih dari 8 juta bita. Megabyte bisa dikatakan satuan yang paling sering digunakan dan yang paling sering dilihat dalam kehidupan sehari-hari pada dunia komputer. Zaman dulu, 1 Megabyte merupakan data yang besar. Tetapi, dengan hard drive komputer kisaran 100 GB - 1 TB, Megabyte tidak lagi terhitung data yang besar. Media yang menggunakan satuan Megabyte contohnya adalah Floppy Disk. Contoh media lainnya adalah CD-ROM dengan tampungan data 600 Megabytes.

A good ol' Floppy Disk, storing data for up to 1.44 Megabytes


Bila ditafsirkan, 1 Megabyte seperti satu jilid buku kecil, 100 Megabyte seperti 2-3 buku ensiklopedi.

5. Gigabyte
Gigabyte, atau sering disingkat juga dengan GB. 1024 Megabytes sama dengan satu Gigabyte. Gigabyte sering digunakan sekarang ini, khususnya dalam perhitungan kapasitas hard drive, menyatakan jumlah data yang besar seperti beberapa game. 1 Gigabyte sendiri hampir 2 kali lipat CD-ROM, Seribu kali kapasitas Floppy Disk.

1 Gigabyte bisa disamakan dengan lemari penuh buku sepanjang 10 yard.

100 Gigabytes bisa disetarakan dengan seluruh lantai sebuah perpustakaan akademik bertingkat.

6. Terabyte
Terabyte umumnya disamakan dengan 1000 Gigabyte, padahal kenyataannya adalah 1 Terabyte sama dengan 1024 Gigabyte. Bila dihitung dengan satuan Byte, maka 1 Terabyte merupakan lebih dari 1 Triliun Bita. Dulu, saya berpikir bahwa komputer dengan 500 Gigabyte merupakan hard drive dengan spesifikasi tertinggi. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, tak jarang lagi kita lihat spesifikasi komputer modern sekarang telah menyentuh 1 atau 2 Terabyte dalam hard drivernya.

1 Terabyte bisa disamakan dengan 300 jam video dengan kualitas tinggi non-stop atau bisa juga dengan 1000 Kamus Besar Bahasa Indonesia.


10 Terabyte sama dengan seluruh koleksi buku dari perpustakaan kongres Amerika Serikat

7. Petabyte
1 Petabyte setara dengan 1024 Terabytes, dan lebih dari 1 juta Gigabytes. Apabila Anda telah beripikir 10 Terabytes merupakan data yang amat besar, maka Petabyte lebih dari itu.

1 Petabyte merupakan 500 miliar lembar kertas HVS penuh teks. 1 Petabyte juga setara dengan 500 juta Disket daya tampung 1,44 Megabyte.

8. Exabyte
Ya, 1 Exabyte itu sama saja dengan 1024 Petabytes, dan lebih dari 1 juta Terabyte. Kalau dalam bahasa Inggris, Exa itu artinya "One million million million" ( 1018 ). Cukup banyak?

Telah dikatakan bahwa 5 Exabytes itu sebanyak seluruh kata yang pernah dikatan manusia di dunia ini!

9. Zettabyte
1 Zettabyte setara dengan 1024 Exabytes. Apabila 1 Exabyte itu diikuti dengan sembilan belas nol dibelakang, maka 1 Zettabyte diikuti dua puluh dua nol dibelakang bila diubah menjadi satuan Bita.

1 Zetabyte
sebesar seperti seluruh manusia di muka bumi ini mulai dari anak-anak hingga kakek-nenek "ngeTweet" terus-menerus selama 100 tahun, atau bisa juga disamakan dengan 125 juta tahun video non-stop!

10. Yottabyte
Seperti biasa, 1 Yottabyte itu sama dengan 1024 Zettabyte. Dan itu merupakan data yang sangat-sangat banyak. Bila Anda mencoba men-download 1 Yottabye dengan brand tertinggi sekalipun, maka itu akan memakan waktu lebih dari 11 juta tahun.

Seluruh data dari World Wide Web ( seluruh data internet ) hampir memakan 1 Yottabyte data.

11. Brontobyte
1 Brontobyte itu sama dengan ( Anda sudah bisa menebaknya... ) 1024 Yottabyte. Saya sudah tidak tahu lagi mau dibandingin dengan apa lagi, tapi satu hal yang bisa saya katakan, yaitu 1 Yottabyte itu merupakan data yang sangat besar dengan satuan dalam Byte yaitu Sepuluh pangkat dua puluh empat!


12. Geopbyte
Ini dia... Saudara tertua dari keluarga besar Bita, yaitu Geopbyte! 1 Geopbyte setara dengan 1024 Brontobyte. Saya sendiri masih kurang tahu kenapa satuan ini harus diciptakan, padahal satuan Brontobyte saja sudah lebih dari cukup dalam mendeskripsikan data. Sekali lagi, saya tidak tahu cara membandingkan dengan apa 1 Geopbyte ini, tetapi yang jelas 1 Geopbyte itu merupakan 1 yang diikuti 30 digit bila diubah ke satuan Bita.

Yup, itulah seluruh anggota keluarga besar si Bita.

Hmmm... *manggut-manggut* gitu yah gan, tros apa hubungannya sih dengan kapasitas Hard Drive yang dari 250 Gigabyte jadi tinggal sisa 232 Gigabytes?


Oh iya, ini kelupaan .__.
Perlu diperhatikan, memang pada saat kita membeli, memang tulisannya 250 GB, dan itu bukan kebohongan sama sekali! Karena mereka menggunakan dasar penghitungan bahwa 1 GB = 1000 MB! Beda halnya dengan komputer kita yang membaca hard disk itu dengan standar IBM yaitu 1 GB = 1024 MB! Eits, ini belum selesai, mereka ( yang nyiptain HD ) juga menggunakan standar 1 MB = 1000 KB, dan sekali lagi komputer menghitungnya dengan standar IBM, yaitu 1 MB = 1024 KB! Hal yang sama juga pada penghitungan Byte, sehingga pada akhirnya, kapasitas HD tersebut menurun daripada label yang kita ketahui sebelumnya!

Oke, sekian artikel singkat dari saya, semoga berguna dan bermanfaat :v

Source(s):
http://www.whatsabyte.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Byte

0 komentar :

Poskan Komentar