Senin, 27 Mei 2013

[Share] YGO TCG Deck: Scrap Redox Tengu Jammer

Kembali posting tentang YGO lagi setelah sekian lama! Kali ini ane mau share dengan deck semi-meta di RL ( yah, deck casual ane sekarang Ninja Uria, Semi-meta deck ini dan meta pakai Chaos Dragon ). Kenapa dibahas deck ini dan bukan Chaos Dragon? Simpel, Deck Chaos Dragon sudah terlalu mainstream dan mungkin beberapa forum dan blog sudah lebih jago membahas deck yang pernah jadi juara YCS itu.

Perasaan gue setelah berhasil membuat "basah" orang dengan Ace Card deck ini

Bagi kalian yang haus akan game-game meta, maka sebaiknya JANGAN membaca artikel ini, karena deck ini sudah jelas bukan tandingan semacam Elemental Dragon. Dan bagi kalian yang telah follow blog ane sedangkan kalian bukan YGO player, ane mohon maaf udah spam dashboardnya ._.v

Silahkan cekidot!
Decklist last update: September Banlist 2013

 
KOMPOSISI DECK:
Total: 41 Main Deck, 15 Extra Deck
Monster (23):
3x Scrap Chimera
3x Scrap Beast
2x Scrap Orthros
2x Scrap Goblin
2x Swift Scarecrow
1x Scrap Golem
2x Redox, Dragon Ruler of Boulders
2x Reborn Tengu
3x Solar Wind Jammer
1x Grandsoil the Elemental Lord
1x Red-eyes Darkness Metal Dragon
1x Dandylion

Spell (11):
3x Scrapyard
1x Scrap Storm
1x Mind Control
2x Fire Formation - Tenki
1x Dark Hole
1x Gold Sarcophagus
1x Book of Moon
1x Foolish Burial

Trap (7):
2x Call of the Haunted
2x Royal Decree
2x Fiendish Chain
1x Solemn Warning
Extra (15):
WAJIB:
3x Scrap Dragon

2x Scrap Twin Dragon
1x Scrap Archfiend
1x Stardust Dragon
1x Number 39: Utopia
1x Gagaga Cowboy
(9)
Kalau di Extra saya:
3x Scrap Dragon
2x Scrap Twin Dragon
1x Scrap Archfiend
1x Stardust Dragon
1x Stardust Spark Dragon
1x Number 39: Utopia
1x CNumber 39: Utopia Ray
1x Ally of Justice Catastor
1x Star Eater
1x Black Rose Dragon
1x Gem Knight Pearl
1x Gagaga Cowboy
(15)


General Strategy:
Cara main deck ini cukup simpel. Mendapatkan field advantage lewat Scrap/Scrap Twin Dragon dengan menyingkirkan kartu-kartu lawan yang menganggu, sedangkan kita dapat meregenerasi kartu sendiri berkat efek-efek Tuner Scrap. Kedua Ace ini juga punya ATK yang lumayan badak, 2800 dan 3000 yang lebih dari cukup untuk menghabisi kebanyakan monster lawan. Deck ini juga bisa dengan mudah mengeluarkan Stardust Dragon ataupun Xyz Rank 4.


Combo:
Kombo yang paling sering digunakan deck ini ada 2, yaitu:

1. Normal Summon Scrap Chimera, Target Scrap Beast/Orthros/Goblin. Synchro Soukan Scrap Dragon/Scrap Archfiend. Atau bisa juga Xyz Soukan Number 39: Utopia, Fairy King. Atau bisa juga memakai Queen Dragun Djinn pake efeknya target Synchro Monster nagamu dari Graveyard.

2. Special Summon Solar Wind Jammer, Normal Summon Scrap Goblin/Orthros/Beast. Synchro menjadi Stardust Dragon/Scrap Dragon/Scrap Twin Dragon.

3. Discard Redox dan 1 cost Earth-attribute, target Scrap Golem untuk Synchro setelah golem SS tuner, atau Red-eyes Darkness Metal Dragon, atau Scrap/Twin Dragon.

Kombo yang lain situasional dan tidak sering keluar:

-
OTK Offering. Kombo ini perlu Ultimate Offering yang telah diset di arena dan siap pakai, Scrap Beast/Orthros di Graveyard-mu, setidaknya satu Scrap Chimera di hand mu, satu Scrap Tuner di handmu, dan Scrap Tuner di handmu yang lainnya/Call of the Haunted/Monster Reborn siap pakai. 

1. Normal Summon Chimera, Special tunermu dari graveyard
2. Synchro Scrap Dragon
3. Buka Ultimate Offering, Normal Tuner Scrap di hand. Pakai efek Scrap Dragon target tunermu dan kartu lawan, efek sang tuner akan aktif, recover Scrap Chimera di graveyard-mu. Apabila Tunermu adalah Orthros, langsung recover Scrap Chimera mu
4. Normal lagi Scrap Chimera, ulangi langkah 1-3, apabila tidak ada tuner di hand-mu tapi ada Call of the Haunted, gunakan untuk target Scrap Tuner di graveyard-mu, Synchro menjadi Scrap Dragon ketiga atau tidak usah di Synchro untuk mengambil total ATKnya.
5. Apabila field lawan kosong, maka di fieldmu sudah ada setidaknya 3x Scrap Dragon dengan total ATK 8400. Serang langsung dan kemenangan di tanganmu

Tentu saja variasi OTK dan kombo dengan Ultimate Offering sangat luas, jadi silahkan variasikan sendiri.

kombo ini lenyap seketika karena Ultimate Offering di banned *okay.jpg

-Scrap Golem. Pakai efek monster satu ini:

1. Life Point lawan 2300 atau dibawahnya dan ada Scrap Goblin di graveyardmu. Special Summon Goblin ke field lawan pada ATK position, attack dengan Scrap Golem.

2. Pakai efek Scrap Golem untuk Lightning Vortex gratisan dengan Special Summon Scrap Searcher di graveyardmu dan Special ATK position di arena lawan. Efek dari Scrap Searcher akan aktif. 

-Grandsoil the Elemental Lord. Salah satu boss monster yang baru di Scrap. Walau tidak berguna di early, namun jika kalian bisa mengeluarkan makhluk satu ini di mid-late, maka percayalah, bisa membuat field advantage yang luar biasa. Efek Monster Reborn dari monster ini sangat menguntungkan jika target ke REDMD, naga scrap synchro-mu, golem, atau sekadar "mencuri" monster di graveyard lawan. Atur jumlah graveyard kalian dengan Redox dan tuner scrap.

-Red-eyes Darkness Metal Dragon. Tech di deck ini. kalian bebas pakai ini atau tidak. Yang jelas gue prefer pakai ini. Jika kalian sudah ada Scrap/Twin Dragon, maka gunakan ini dari hand dengan cost Redox yang sangat mudah di SS dan cost yang tidak terlalu sulit di deck yang kebanyakan earth ini. Revive Scrap/Twin Dragon mu dengan REDMD. Atau jika REDMD sudah di grave, pakai Call of the Haunted/Redox, target sang REDMD yang kemudian REDMD siap revive Scrap/Twin Dragon mu dari graveyard.

Mungkin hanya segitu kombo dasarnya, sisanya silahkan variasikan sendiri :v

"Kenapa tidak ada Maxx "C" atau veiler?" Karena gue ga punya kartunya, susah nyarinya wkwk :v.

Weakness:
Seluruh deck yang memakai Dimensional Fissure atau Macro Cosmos. Selain itu, kartu yang bisa menghalau Special Summon dari monster kelas atas seperti Evilswarm Ophion, Jougen the Spiritualist, atau Fossil Dyna juga sangat menganggu. Vs Constellar juga kelemahan scrap, karena efek recruit dragon tidak jalan.

Deck ini juga punya sekitar 30% bad hand, ya 30%! Cukup tinggi, walaupun sudah dilengkapi banyak searcher seperti Tenki dan Scrapyard, namun kondisi starting hand kadang kala tidak seimbang, bisa non-tuner semua atau tuner semua atau bahkan yang terburuk monster kelas atas yang deadhand semua.

----------------------------------------------------------------  
Ruling yang penting!:
1. Apabila Scrap/Scrap Twin/Atomic Scrap Dragon Synchro Summonnya di negate dengan kartu semacam Thunder King Rai-Oh/Solemn Warning/Solemn Judgment, Efek Special Summon Scrap monster dari graveyard masih TETAP AKTIF!

2. Efek Scrap Tuner untuk mengembalikan Scrap monster dari graveyard tidak akan MISS TIMING!

3. Apabila kalian menggunakan Scrap Storm, lalu target dari storm itu hancur/hilang dari field, kalian TETAP send 1 Scrap monster dari deck dan draw 1 kartu.

Oke segitu dulu. Saran dan kritik diperkenankan dan terima kasih udah baca \:v/

Deck Casual ane ( ini masih versi tahun 2011 ):
Uria's Awakening 


 

1 komentar :

Anonim mengatakan...

qaqaaaaaa <3

Posting Komentar